Tuesday, October 2

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Seorang Wanita

Kebanyakan orang tahu bahwa kesuburan seorang wanita menurun saat ia semakin tua, tetapi gaya hidup dan faktor eksternal dapat mempengaruhi peluang seorang wanita untuk memiliki bayi yang sehat.


Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita ketika mencoba untuk hamil.

OBESITAS
Kegemukan mempengaruhi produksi hormon dan membuatnya lebih sulit bagi seorang wanita untuk hamil,Semakin bertambah berat yang diperoleh seorang wanita atas berat badannya, semakin dia cenderung mengalami penurunan fungsi ovarium Seseorang dikatakan kegemukan bila nilai IMT atau Indeks Massa Tubuhnya 25 atau lebih.

Index masa tumbuh didapat dari berat badan dibagi tinggi badan dalam kuadrat.  Setiap kenaikan di atas 29 akan menurunkan peluang untuk hamil sampai 4% dibanding mereka yang mempunyai indek masa tumbuh  21-29. Bila mencapai 35-40, maka peluang untuk hamil lebih kecil lagi, yaitu 20-40%.

Upaya menurunkan berat badan sebaiknya dikonsultasikan pada ahli gizi,  karena, penurunan drastis justru memperkecil peluang hamil, dan bila terjadi kehamilan muncul risiko komplikasi.

Berikut cara menurunkan berat tubuh yang berlebihan:
  1. Membatasi asupan kalori sampai 1.000-1200 Kalori/hari.
  2. Tidak makan dalam porsi berlebihan. Atur porsi makan dalam jadwal makan  3 kali makan utama dan 2-3 kali selingan di antara waktu makan. 
  3. Seimbang jenis bahan makanannya,  mengikuti piramida makanan. Porsi terbesar adalah makanan pokok, kemudian sayur-buah, diikuti lauk-pauk, dan yang terkecil adalah makanan manis, gurih dan berlemak.
  4. Meningkatkan asupan serat. Misalnya, memilih roti dari gandum utuh, atau kentang dimakan dengan kulitnya, makan lebih  banyak agar-agar, buah, sayur dan  kacang-kacangan.
  5. Menghindari camilan kaya lemak dan gula seperti kue dam biskuit.  Pilih camilan sehat seperti buah kering, buah segar atau sayuran rebus. 
  6. Cukup minum air putih, karena selain membantu proses pencernaan, minum air putih sebelum makan memberi rasa kenyang sehingga Anda tidak makan berlebihan.  
  7. Cukup istirahat, karena kurang tidur, misalnya, mengurangi kemampuan tubuh mengusir lemak.
  8. Berolahraga rutin, misalnya berlatih fisik dengan intensitas sedang selama 30 menit, tiga kali seminggu. Aktivitas itu meningkatkan penggunaan kalori dalam tubuh. Bergabunglah dalam klub kebugaran agar Anda lebih semangat. 
TUBUH TERLALU KURUS
Badan Terlalu kurus juga dapat berdampak kesuburan, sehingga tidak bisa cukup dari itu. Sebab wanita terlalu kurus kekurangan leptin, hormon yang mengendalikan rasa lapar dan perasaan kenyang. Memiliki leptin rendah berkontribusi pada tidak adanya periode menstruasi.

Mempertahankan berat badan yang sehat dalam kisaran berat badan yang ideal atau normal adalah salah satu hal paling penting yang dapat dilakukan wanita untuk meningkatkan peluangnya untuk hamil.

Berikut 6 tip menambah berat badan :
  1. Tambah porsi makanmu, cara ampuh untuk menggemukkan badan.
  2. Mau gemuk itu gampang, sering-seringlah makan.
  3. Makan dengan teratur kunci dari semua program pembentukan tubuh.
  4. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari.
  5. Tidur sehat, badan sehat.
  6. Olahraga
PENUAAN
Ketika seorang wanita mencapai menopause, biasanya di usia 40-an atau 50 an, dia tidak lagi berovulasi dan tidak dapat hamil.

Tetapi bahkan dalam satu dekade atau lebih sebelum menopause secara resmi terjadi, ia mungkin mengalami masalah kesuburan ketika ovulasinya menjadi kurang teratur dan jumlah telurnya menurun. waktu yang dikenal sebagai perimenopause.

Tidak ada usia resmi ketika kesuburan mulai menyelam, tetapi banyak dokter mengatakan bahwa seringkali menjadi semakin sulit untuk hamil setelah usia 35 tahun. Namun, usia ini berbeda untuk setiap wanita; beberapa mungkin mengalami perimenopause sebelumnya, sementara yang lain tetap subur hingga usia 40 an.

BAHAN KIMIA
Paparan polutan, pestisida, dan senyawa industri dapat menurunkan kemampuan pasangan untuk memiliki anak hingga 29%. Bahan kimia sering ditemukan dalam barang-barang perawatan pribadi dan produk kecantikan seperti parfum dan cat kuku, dan racun furana , serta dampak tidak langsung dari pembakaran industri.

MEROKOK
Merokok dapat melukai janin yang sedang berkembang, tetapi pencahayaan juga dapat secara drastis memengaruhi peluang seorang wanita untuk hamil di di posisi pertama.

Asap rokok mengganggu hormon dan merusak DNA pada pria dan wanita. Bahkan wanita yang merokok secara moderat atau yang terpapar asap rokok telah mengganggu fungsi endokrin dan dapat mengalami masalah kesuburan yang signifikan."

ALKOHOL
Wanita yang mengkonsumsi alkohol secara berlebih akan mempengaruhi kesuburan Anda.
Jika ingin hamil Anda harus berhenti minum. Minum alkohol selama pada tahap awal rencana kehamilan memungkinkan kelahiran prematur.

SEDANG MENYUSUI
Ini adalah mitos bahwa Anda tidak bisa hamil saat menyusui, tetapi pada saat yang sama, memang benar bahwa wanita yang masih menyusui satu atau lebih anak mungkin mengalami kesulitan untuk hamil.

OLAH RAGA TERLALU BERAT
Berolah raga membantu Anda tetap langsing, kuat, dan penuh energi. Masalahnya, ketika olah raga anda berlebihan. Jika Anda terlalu banyak berolah raga, hal itu dapat berdampak negatif pada ovulasi.

Wanita dengan berat badan normal yang berolahraga dengan penuh semangat selama lebih dari lima jam seminggu mengalami kesulitan untuk hamil. Tanda paling jelas dari masalah potensial adalah perubahan siklus menstruasi.

KONTRASEPSI
Begitu Anda berhenti menggunakan sebagian besar bentuk kontrasepsi hormonal, Anda bisa hamil dalam waktu satu bulan. Setiap suntikan Depo-Provera mencegah kehamilan selama 12 hingga 14 minggu dan sementara beberapa wanita hamil hanya dalam waktu satu bulan setelah perlindungan itu di hentikan.

Sebaiknya menyarankan wanita berhenti menggunakan alat kontrasepsi suntik beberapa bulan sebelum mereka berharap untuk hamil.

PENYAKIT TIROID
Bahwa gangguan tiroid dapat berkontribusi pada ovulasi dan masalah kehamilan, dan menunjukkan bahwa wanita mengalami kesulitan hamil untuk tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif. Orang dengan penyakit tiroid yang signifikan biasanya akan memiliki beberapa gejala yang cukup jelas, terutama efek pada kesuburan.

KAFEIN
Jika Anda kecanduan venti latte, beberapa penelitian menunjukkan Anda mungkin mengalami kesulitan hamil. Kafein mengganggu kontraksi otot yang membantu perjalanan telur dari indung telur dan melalui saluran telur ke rahim. Bahwa minum lima atau lebih cangkir kopi sehari mungkin memotong peluang seorang wanita untuk sukses dalam menjaga kesuburannya.

KONDISI MEDIS
Masalah-masalah kesehatan seperti sindrom ovarium polikistik, endometriosis, dan fibroid rahim dapat mempengaruhi peluang seorang wanita untuk hamil atau berhasil membawa kehamilan untuk jangka panjang.

Wanita dengan gangguan autoimun (seperti lupus atau rheumatoid arthritis) mungkin juga mengalami kesulitan hamil, karena tubuh mereka mungkin menolak telur yang dibuahi atau menyerang sperma pasangannya.

RIWAYAT KESEHATAN SEXUAL
Infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonore dapat menyebabkan penyakit radang panggul dan menyebabkan masalah kesuburan, bahkan bertahun-tahun setelah seorang wanita mengontraknya.

Faktanya, chlamydia dapat menyebabkan kerusakan pada tuba fallopi tanpa gejala lain, dan banyak wanita mungkin tidak tahu bahwa mereka memiliki penyakit sampai mereka mengalami kesulitan hamil.

STRES YANG BERKEPANJANGAN
Perempuan dengan tingkat enzim yang lebih tinggi terkait dengan stres mengalami kesulitan untuk hamil. Para peneliti mengatakan studi ini tidak menunjukkan bahwa stres saja bertanggung jawab untuk masalah kesuburan, tetapi mereka menyarankan bahwa wanita yang telah mencoba hamil selama beberapa bulan mencoba mengadopsi program manajemen stres.

Stres yang dirasakan tentu saja dapat mengubah kadar hormon dan ovulasi. Stres itu sendiri tidak buruk, tetapi ketika itu berlebihan dan ketika kita bereaksi dengan cara negatif-itu dapat berdampak pada kesehatan kita dan tubuh kita."

Konten ini tidak dimaksudkan untuk membentuk atau saran profesional dalam bentuk apa pun. Anda harus selalu berkonsultasi dengan profesional yang memiliki kualifikasi yang sesuai mengenai masalah atau masalah tertentu