Resiko adalah lentera kehidupan

Kehidupan adalah ibarat sebuah perjalanan yang banyak mengandung resiko, hidup akan terasa lebih hidup dan lebih bermakna bukan karena hal-hal besar, melainkan dari hal-hal kecil yang dikerjakan dengan jiwa yang besar. 

Cahaya kehidupan bukan tampak dari kemilau harta, bukan dari keindahan tahta kedudukan atau dari deretan gelar yang disandang. Cahaya kehidupan justru dimulai dari lentera kecil yang ada dalam diri yang menyala dengan tulus dalam memberi pertolongan kepada orang lain.

Lentera kehidupan bukan berarti hanya memberi pertolongan kepada orang yang baik pada kita, memberi pertolongan kepada orang yang baik pada kita adalah hal biasa namun memberi pertolongan dengan dasar cinta kasih kepada orang-orang yang justru membenci kita merupakan nilai tertinggi dari lentera kehidupan.

Ketika lentera menyala bukan berarti tidak ada resiko, paling tidak resiko tertiup angin dan padam. hambatan utama dalam menyalakan lentera kehidupan justru datang dari dalam diri manusia itu sendiri yang tidak mau keluar memperhatikan dan membantu orang lain.
“ orang yang menaklukan orang lain adalah orang kuat, sedangkan orang yang menaklukan dirinya sendiri adalah orang yang berkekuatan dahsyat ”

Ada beberapa contoh resiko yang timbul dalam sendi-sendi kehidupan misalnya, menunjukan perasaan berarti mengambil resiko menunjukan diri sejati kita, mengasihi berarti mengambil resiko tidak dikasihi, hidup berarti mengambil resiko mati, berharap berarti mengambil resiko putus asa, mencoba berarti mengambil resiko gagal.


Keberanian mengambil resiko untuk memberikan yang terbaik bagi orang lain merupakan awal yang baik untuk memulai hidup baru dengan menyalakan lentera kehidupan.
Berani berarti melawan rasa takut, menguasai rasa takut Bukannya tidak merasa takut. Lebih baik mengambil resiko sekarang daripada selalu hidup dalam ketakutan.

“ kehidupan yang paling menyedihkan adalah ketidak beranian mengambil resiko sekecil apa pun. Orang yang tidak mau mengambil resiko berarti tidak dapat meraih apa pun, tidak memiliki apa pun, dan akhirnya tidak menjadi siapa-siapa. Jadi NYALAKANLAH LENTERA KEHIDUPANMU DENGAN RESIKO APAPUN, BESOK MUNGKIN SUDAH TERLAMBAT DAN PADAM “

Adakalanya kita mengabaikan hal-hal yang kecil yang kita anggap sepele namun tanpa kita sadari hal-hal kecil itulah yang merupakan lentera kehidupan kita untuk menuju kepada keberhasilan yang lebih besar, jadi lakukan segala kebaikan dalam bentuk sekecil apapun karena disanalah awal kehidupan kita.


Semoga bermanfaat n Happy weekend…

Sumber : cerita & motivasi (oleh Ela Laila Jayadi)
Labels: Cerita dan Motivasi

Thanks for reading Resiko adalah lentera kehidupan. Please share...!

Back To Top