Edukasi Manajemen Keuangan Rumah Tangga



Pentingnya Edukasi Manajemen Keuangan Rumah Tangga Oleh bank Pemerintah

Edukasi manajemen keuangan rumah tangga bermanfaat bagi masyarakat untuk belajar mengatur pendapatan dan pengeluarannya. Manfaat yang dapat dipetik dari adanya edukasi manajemen keuangan rumah tangga ini adalah masyarakat akan dapat melakukan pengaturan terhadap keuangannya dengan lebih baik. Secara tidak langsung, hal ini akan mengurangi hutang untuk keperluan konsumtif yang terjadi di masyarakat. Berkurangnya hutang untuk keperluan konsumtif ini akan membantu terciptanya kestabilan dalam sistem keuangan di Pemerintah.

Edukasi manajemen keuangan akan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan keuangan yang baik. Masyarakat juga akan memahami manakah yang
merupakan kebutuhan (needs) dan manakah yang merupakan keinginan (wants). Pemahaman akan kedua konsep ini akan mendorong masyarakat untuk lebih cermat dalam melakukan konsumsi. Dimana hal ini bermanfaat untuk mencegah masyarakat yang terlalu konsumtif. Pencegahan ini diperlukan agar masyarakat dalam melakukan suatu konsumsi dapat fokus terhadap apa yang diperlukannya, bukan apa yang diinginkannya. Dengan demikian, hutang untuk konsumsi dapat diminimalkan dalam keseluruhan hutang yang dilakukan rumah tangga.

            Edukasi manajemen keuangan rumah tangga ini akan efektif apabila diberikan kepada masyarakat yang baru saja menjalin sebuah hubungan rumah tangga. Dengan memberikan edukasi manajemen keuangan sejak awal berumah tangga maka manfaat edukasi ini akan lebih dapat dirasakan oleh masyarakat. Dengan adanya edukasi sejak awal pula maka pencegahan terjadinya hutang untuk keperluan konsumtif juga dapat diawali dengan lebih baik.

Edukasi ini juga sebaiknya diberikan kepada masyarakat yang telah menjalin kehidupan rumah tangga. Hal ini dimaksudkan agar masyarkat yang telah terlanjur mengambil hutang untuk keperluan konsumtif dapat mengurangi atau menghentikan hutang konsumtif yang telah ada. Selain itu, edukasi ini juga tidak salah apabila diberikan kepada masyarakat yang tidak berumah tangga. Dimana juga bertujuan untuk mengurangi hutang yang bersifat konsumtif.

            Edukasi manajemen keuangan rumah tangga ini pastinya akan mendapatkan hambatan dan tantangan ke depannya. Masyarakat yang sudah terlanjur konsumtif dan didorong oleh sistem ekonomi kapitalis yang ada menyebabkan masyarakat akan sangat sulit untuk mengurangi konsumsi yang berlebihan, dimana didominasi oleh konsumsi wants. Untuk mengatasi hambatan ini diperlukan keseriusan dalam memberikan edukasi. Edukasi yang diberikan secara terus menerus dan intensif pastinya dapat merubah pola perilaku masyarakat yang konsumtif. Pengenalan terhadap instrumen keuangan bebas risiko (tabungan, deposito, SBI, SPN, dan SUN) juga akan membantu masyarakat dalam mengatur keuangan rumah tangganya.

            Untuk dapat menuai manfaat edukasi manajemen keuangan rumah tangga diperlukan adanya komitmen yang kuat dari Bank Pemerintah sebagai regulator moneter. Bank Pemerintah dapat bekerja sama dengan pihak lain untuk memberikan edukasi manajemen keuangan rumah tangga kepada masyarakat. Dalam memberikan edukasi, Bank Pemerintah dan pihak lain yang terkait sebaiknya berpedoman pada “JIKA MUDAH KENAPA DI PERSULIT”. Dengan demikian Bank Pemerintah dan pihak lain dapat terus berkomitmen dalam menjaga stabilitas sistem keuangan dari sisi mikro ini.
Labels: Cerita dan Motivasi

Thanks for reading Edukasi Manajemen Keuangan Rumah Tangga. Please share...!

0 Comment for "Edukasi Manajemen Keuangan Rumah Tangga"

Back To Top