Stabilitas Keuangan Rumah Tangga

Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Rumah Tangga
Sebagai Usaha Menggapai Kebahagiaan


Rumah tangga atau dengan kata lain Perusahaaan Rumah tangga tentu memiliki visi dan misi, visi tersebut tentu untuk rumah tangga yang sejahtera dan bahagia, sedangkan misinya adalah cara pengelolaan yang baik dan bijak. seperti perusahaan pada umumnya,jika manajemennya buruk sudah pasti akan menyebakan kehancuran perusahaan tersebut.

Didalam perusahaan rumah tangga ini, ayah berperan sebagai manejer utama sedangkan ibu sebagai manejer oprasional. Ayah sebagai pembuat
kebijakan dan pembuat keputusan paling akhir dari segala permasalahan keluarga dan ibu adalah pelaksana dari segala kebijakan. Selain mengurus rumah tangga sehari-hari, layaknya sebuah perusahaan, seorang ibu juga memiliki fungsi operasional dan fungsi strategis dalam mendorong terwujudnya visi keluarga yang sejahtera dan bahagia, diantaranya adalah manajemen keuangan yang baik.

Pengaturan system keuangan rumah tangga sangat penting dilakukan ketika seseorang mulai mengarungi bahtera rumah tangga. Dengan manajemen anggaran rumah tangga yang baik dan bijaksana sudah pasti prilaku difisit anggaran dapat di minimalisir dan pinjaman untuk menutupi kebutuhan tersebut dapat kita hindari.

Begitu juga dengan keluarga yang sudah memiliki pengahasilan yang tetap, jika manajemennya buruk tentu akibatnya akan menjadi buruk,,akan tetapi jika seseorang membangun keluarga dengan penghasilan minim atau pas-pas dengan manajemen keuangan yang baik tentu stabilitas keuangannya akan terjaga dan lebih baik.

Lalu bagaimana cara membuat anggaran rumah tangga yang baik dan bagaimana juga cara mudah agar bisa mengelola keuangan keluarga sehingga manajemen keuangan rumah tangga bisa dipenuhi dan dikerjakan oleh pasangan suami istri disela sela kesibukan dan aktifitas rutin ?.

Perlu diketahui juga bahwa dalam mengatur keuangan keluarga bukanlah hal yang mudah perlu belajar dengan bijak, baik dari pengalaman pribadi maupun orang lain,perlu diperhitungkan pula bagaimana juga cara mengatur uang bulanan kemudian membuat daftar belanja bulanan rumah tangga.

Daftar kebutuhan rumah tangga sudah selayaknya diprioritaskan pada kebutuhan yang vital kesampingkan dahulu hal-hal yang sekirannya di luar jangkauan dari sisi penghasilan belum mencukupi contohnya kebutuhan nonton di bioskop 21 dengan keluarga, makan-makan dan di KFC dan lainya.

Sebenarnya dalam mengatur keuangan rumah tangga yang bijak perlu banyak belajar apalagi bagi mereka yang sudah terbiasa dengan pola hidup konsutif, ketika sebelum berumah tangga, atau berawal dari keluarga yang glamor, maka dalam hal ini sangatlah sulit buar di lakukan. Maka untuk itu dalam hal pengelolaan keuangan keluarga perlu dibuatkan sebuah Tabel keuangan rumah tangga untuk menghindari kondisi finansial yang tidak kondusif agar bisa diketahui dengan pasti apa yang perlu diprioritaskan dahulu sehubungan dengan kebutuhan diluar dugaan.

Sehubungan dengan kebutuhan yang tidak terduga. Bagaimana kita menjaga sistem stabilitas keuangan rumah tangga yang aman dalam keluarga, sedikit saran berikut semoga bisa membantu anda :

  1. Hitung pendapatan bersih dalam setiap bulan dan pendapatan bersih dalam satu setahun. membuat list pengeluaran :
    • Pengeluaran pokok, misalnya : beras,roti,sayur-sayuran, buah-buahan, tagihan listrik, tagihan telephone, tagihan air bersih, tagihan pendidikan, pajak, gaji pembantu, gajih satpam, dan lain-lain.
    • Pengeluaran sekunder, misalnya; tabungan masa depan, asuransi jiwa,asuransi kesehatan, dana cadangan lebutuhan tidak terduga.
    • Pengeluaran tamabahan, misalnya: tagihan hanphone, pakaian, hiburan dan sumbangan kegaiatan amal, sumbangan gereja/mesjid dan lain-lain.
  2. Lakukan perhitungan dengan cara mengurangkan pengahasilan bersih anda (poin 1) di kurangi dengan pengeluaran anda (poin 2) begitu juga manajemen keuangan dlam setahun. jika difisit silakan ada kurangi pengeluaran tambahan.
  3. Sesuaikan alokasi dana Anda ketika pada bulan pertama penganggaran Anda tidak menyisakan untuk ditabung atau tidak bias memenuhi kebutuhan yang lebih penting. Misalnya Anda bisa mengalokasikan uang makan malam di café untuk ditabung atau membayar tagihan kartu kredit.

Dengan menjaga stabilitas system keuangan rumah tangga yang stabil maka visi rumah tangga yang sejahtera dapat tercapai, kebutuhan rumah tangga yang baik dapat menciptakan generasi yang baik pula.
    Labels: Cerita dan Motivasi

    Thanks for reading Stabilitas Keuangan Rumah Tangga. Please share...!

    0 Comment for "Stabilitas Keuangan Rumah Tangga"

    Back To Top