13 Aplikasi Wajib Dalam Bisnis Online

Bisnis Online adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. 


E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. 

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce tersebut adalah:

1.   E-mail dan Messaging 

Email dan Messaging adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer secara online dan messaging adalah sarana berkirim pesan secara cepat dan efektif

2.   Content Management Systems 

Content Management Systems adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan online. Mengelola user, role, courses, instructor, facility.Course calendar Learning Path User Messaging dan notification Assesment dan testing yang dilakukan sebelum atau sesudah pembelajaran (Pre-test dan Post-test). Menampilkan nilai (score) Course yang disusun sesuai grade Penyajian yang berbasis web, sehingga bisa diakses dengan web browser.

3.   Dokumen, spreadsheet, database

Aplikasi Spreadsheet adalah Aplikasi dokumen yang menyimpan data dalam grid baris (row) horisontal dan kolom (column) vertikal. Baris biasanya diberi label menggunakan nomor (1, 2, 3, dll), sementara kolom diberi label dengan huruf (A, B, C, dll).

Lokasi baris / kolom individu, seperti C3 atau B12, disebut sebagai sel (cell). Setiap sel dapat menyimpan setiap contoh yang unik dari data. Dengan memasukkan data ke dalam spreadsheet, informasi dapat disimpan dengan cara yang lebih terstruktur daripada menggunakan teks biasa struktur baris / kolom juga memungkinkan data yang akan dianalisis menggunakan Formula.

Misalnya, setiap baris dari spreadsheet dapat menyimpan informasi tentang orang yang memiliki rekening dengan perusahaan tertentu. 

Setiap kolom dapat menyimpan aspek yang berbeda dari informasi seseorang, seperti nama depan, nama belakang, alamat, nomor telepon, makanan favorit, dll.

Program spreadsheet dapat menganalisis data dengan menghitung jumlah orang yang tinggal di kode pos tertentu, daftar semua orang yang makanan favoritnya sate, atau melakukan perhitungan lainnya. Dengan cara ini, spreadsheet mirip dengan database.

4.   Akunting dan sistem keuangan

Aplikasi Sistem informasi akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan. Serta susunan formulir, catatan, peralatan termasuk komputer dan perlengkapannya serta alat komunikasi, tenaga pelaksanaannya dan laporan yang terkoordinasi secara erat yang didesain untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi yang dibutuhkan manajemen.


5.   Surat pesanan yaitu surat yang berisi pemesanan barang. 

Aplikasi Surat pesanan di buat karena ada penawaran dari penjual.
Ada juga surat pesanan yang dibuat karena adanya iklan disurat kabar atau majalah. 

Disamping itu surat pesanan juga dapat dibuat atas inisiatif sendiri karena calon pembeli sudah mengetahui keberadaan barang atau jasa tersebut di pasaran.


6.   Pelaporan informasi dari klien dan enterprise

Aplikasi Enterprise system merupakan Aplikasi dengan sistem yang dibangun oleh organisasi untuk membantu dalam menyelesaikan proses bisnis yang ada pada perusahaan secara umum dalam suatu entitas korporat sehingga enterprise system dapat mendukung dari tujuan yang dilakukan oleh berbagai pihak yang ada pada organisasi untuk dapat mencapai tujuan yang dicapai. 

Peranana enterprise system pada organisasi sangat besar untuk kemajuan organisasi karena enterprise system seperti pada sistem enterprise industri yang termasuk sistem aplikasi supply chain yang menghubungkan peranan pelanggan untuk penyajian pelaporan dan pengelolaan sumber saya suatu organiasi menjadi lebih efektif.


7.   Sistem pembayaran domestik dan internasional

Aplikasi Sistem Pembayaran Domestik digunakan untuk transaksi dalam sautu negara. 

Kegiatan perdagangan dalam suatu negara tidak lepas dari sistem pembayarannya. Pelaksanaan pembayaran jual beli antar pulau dalam sautu negara dapat dilakukan dengan menggunakan sistem pembayaran domestik.

Aplikasi Sistem Pembayaran Internasional - Kegiatan perdagangan internasional tidak lepas dari sistem pembayarannya. 

Pelaksanaan pembayaran ekspor-impor berbagai negara dapat dilakukan dengan menggunakan sistem pembayaran internasional. Sistem pembayaran internasional ini, antara lain, berupa cash in advance, open account, dan private compensation.


8.   Newsgroup

Aplikasi Newsgroup adalah suatu tempat penyimpanan yang biasanya dipakai oleh usenet (sistem diskusi internet yang tersebar) untuk berbagai pesan yang dikirimkan dari banyak pengguna pada lokasi-lokasi yang berlainan. Kadang istilah ini membingungkan, sebab kebanyakan orang memakai newsgroup untuk diskusi kelompok. Perangkat lunak yang dipakai untuk membaca newsgroup yaitu Newsreader.



9.   On-line Shopping

Aplikasi Online shop atau bisnis online saat ini bukan lagi menjadi sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia, baik yang dalam kesehariannya menggunakan internet ataupun tidak. 

Adapun definisi online shop, adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual barang atau jasa melalui internet dimana antara penjual dan pembeli tidak pernah bertemu atau melakukan kontak secara fisik yang dimana barang yang diperjualbelikan ditawarkan melalui display dengan gambar yang ada di suatu website atau toko maya. 

Setelahnya pembeli dapat memilih barang yang diinginkan untuk kemudian melakukan pembayaran kepada penjual melalui rekening bank yang bersangkutan. Setelah proses pembayaran di terima, kewajiban penjual adalah mengirim barang pesanan pembeli ke alamat tujuan.

10.  Conferencing

Aplikasi conference diterjemahkan dengan istilah konferensi atau konperensi dalam bahasa indonesia yang mengandung pengertian sama. dalam kaitan dengan mice. 

Menyebutkan bahwa konperensi, kongres atau konvensi merupakan suatu kegiatan berupa pertemuan sekelompok oran, negarawan, usahawan, dan sebagainya, untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama.

11.  Online Banking/internet Banking

Aplikasi Internet banking adalah layanan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Merupakan kegiatan perbankan yang memanfaatkan teknologi internet sebagai media untuk melakukan transaksi dan mendapatkan informasi lainnya melalui website milik bank. 

Kegiatan ini menggunakan jaringan internet sebagai perantara atau penghubung antara nasabah dengan bank tanpa harus mendatangi kantor bank. Nasabah dapat menggunakan perangkat komputer desktop, laptop, tablet, atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet sebagai penghubung antara perangkat nasabah dengan sistem bank.

12.  Product Digital/Non Digital

Produk digital atau e-produk adalah produk dengan wujud bukan fisik atau biasanya berbentuk elektronik yang biasanya diperjual-belikan secara online melalui media internet. 

Produk digital disimpan, dikirim dan dipergunakan dalam format elektronik serta bentuk jual-belinya melalui pemasaran digital. 

Produk digital biasanya dikirimkan ke pembeli melalui media e-mail atau digital download secara online dan bentuk penawaran biasanya dalam format katalog digital. 

Beberapa contoh dari produk digital yang banyak diperjual-belikan melalui internet adalah e-book (buku elektronik), Kindle, unduhan musik, MP4, huruf komputer, aplikasi, perangkat lunak, game online, tiket elektronik dan masih banyak lagi. 

Produk digital saat ini perkembangannya semakin pesat seiring dengan efisiensi dan kepraktisannya bagi konsumen. Misalnya, e-book bisa menggantikan buku konvensional yang masih menggunakan bahan kertas untuk memproduksinya dimana bahan dari kertas adalah kayu yang diambil dari pohon-pohon di muka bumi yang dalam jangka panjang akan membuat pohon-pohon semakin habis yang pada akhirnya akan semakin memicu pemanasan global.


13.  Online SEO

“Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

Istilah dengan kata-kata kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah:

“melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik”.
Labels: Internet dan Komputer

Thanks for reading 13 Aplikasi Wajib Dalam Bisnis Online. Please share...!

Back To Top