4 Tip Keamanan Dari Android

Keamanan online adalah bagian terpenting dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut 4 Tips Keamanan di Android


Walaupun sistem android telah membangun beberapa baris pertahanan untuk membuat internet lebih aman dari lebih dari satu miliaran pengguna, tetapi tidak ada salahnya bila kita mengambil beberapa tindakan pencegahan ekstra agar menjadi lebih aman. Dalam semangat Safer Internet Day, android ingin berbagi beberapa tips untuk keamanan Anda yang dapat kita ikuti:

1.   Gunakan Google Play 

untuk menemukan aplikasi yang aman. Kami melakukan banyak hal di belakang layar untuk meninjau aplikasi sebelum mereka dapat dipublikasikan di Google Play, bahkan sebelum Anda menginstal aplikasi, Google menggunakan berbagai metode untuk memeriksa bahwa pengembang mematuhi kebijakan mereka. 

Jika sebuah aplikasi melanggar kebijakan mereka, itu diblokir dari Google Play. Aplikasi yang dianggap berpotensi membahayakan diblokir dan ditandai agar dilakukan peninjauan manual oleh anggota Tim Keamanan Android. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang proses peninjauan ini dan bagaimana Android terus menjaga perangkat Anda  agar aman bahkan setelah Anda men-download aplikasi.
alur pemeriksaan aplikasi oleh android terhadap pengembang

2.   Mengatur kunci layar dan mengaktifkan Android Device Manager

Siapa saja dapat kehilangan ponsel mereka, jadi penting untuk mengatur kunci layar sehingga orang asing tidak dapat mengakses apa yang ada di perangkat Anda. Dan jika Anda kehilangan perangkat Anda, Anda dari jarak jauh dapat menemukan, mengunci, atau bahkan dapat menemukannya dengan Android Device Manager. Fitur ini telah terpasang di semua perangkat Android dengan Play Store, sehingga Anda hanya perlu mengaktifkannya.

3.   Periksa bahwa perangkat dienkripsi. 

Enkripsi adalah penting karena melindungi data Anda dengan menyimpannya dalam bentuk terbaca, jadi jika perangkat hilang atau dicuri informasi Anda tetap dilindungi. Untuk memastikan bahwa perangkat dienkripsi masukkan Pengaturan , tekan Security , dan tekan Enkripsi ponsel (atau tablet Encrypt) di bawah Enkripsi . Perangkat Nexus baru, seperti Nexus 5X dan Nexus 6P, dienkripsi secara default.

4.   Mengelola izin aplikasi Setiap aplikasi Android bertempat di sebuah sandbox virtual

Kecuali Anda sudah memberi izin tambahan, satu-satunya data aplikasi dapat menggunakan adalah data yang ada di dalamnya. Misalnya, aplikasi yang Anda install tidak dapat mengakses informasi seperti foto atau lokasi Anda kecuali Anda memberikan mereka izin. 

Pada perangkat yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow, Anda dapat mengontrol hak akses aplikasi yang diberikan dengan memasukkan Settings , penyadapan Apps dan memilih aplikasi dari daftar aplikasi yang terpasang. Pada layar Info aplikasi, Anda akan melihat Izin kategori yang berisi daftar semua izin yang aplikasi memiliki akses. Ketika Anda klik ini Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan izin individu. 
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana Android membuat Anda aman, memeriksa situs web Keamanan Android . Selamat Safer Internet Day! Diposkan oleh Eric Davis, Senior Program Manager, Keamanan Android


Labels: Android

Thanks for reading 4 Tip Keamanan Dari Android. Please share...!

Back To Top