Merokok Membuat Kita Miskin

Apakah Benar Merokok itu Membuat Kita Miskin?? Mungkin Ekstrem, tapi mungkin juga ia, hari-hari hanya asbak yang terlihat penuh.



Saya seorang perokok, karena saya bekerja di lapangan dengan peluh keringat, panas, dan debu. Saya mulai tahu merokok sejak umur 16 tahun, sejak awal masuk di salah satu perguruan tinggi negeri. Terus terangan awalnya saya hanya coba-coba merokok, sambil menutupi kesibukan tugas-tugas kuliah saya. 

Setelah coba-coba saya mulai merasa nyaman untuk mengosumsi rokok, maka beralihlah saya menjadi perokok aktif atau permanen, dengan rokok pertama saya sebut aja GF, waktu itu GF perbungkusnya Rp. 5.000,- an.

Dalam satu hari paling sedikit saya menghabiskan 3 bungkus GF. Bayangkan jika secara rata-rata saya menghabiskan Rp. 15.000,- perhari, umur saya pas 20 tahun berarti dana yang telah saya keluarkan untuk membeli rokok adalah ((20 thn -16 thn) x 360 hari x 3 bks x Rp. 4000,-) maka total dana saya untuk membeli rokok sebesar Rp. 21.600.000,- tidak terbayang dana tersebut seandainya saya alihkan dengan menabung. 

Tetapi itu semua tidak lantas membuat saya berhenti, saya pindah rokok lagi dengan merek SM, perbungkusnya rata-rata Rp. 15.000,-.

Sekarang umur saya telah menginjak 34 tahun, bayangkan dana yang telah saya keluarkan untuk membeli rorok dengan asumsi rata-rata rokok tersebut saya beli 3 bungkus perhari, maka dana yang telah saya habiskan untuk membeli rokok adalah sebesar (13 tahun x 360 hari x 3 bks x Rp.15.000,-) hasilnya sangat fatastik yaitu Rp. 210.600.000,- bisa membeli mobil sedan baru atau ruamah tipe 36 secara tunai. 

Sebenarnya perhitungan tersebut telah saya pahami sejak lama, cuman sampai saya menulis artikel ini saya masih belum bisa memutuskan untuk berhenti merokok.

Entah sampai kapan?? mungkin sekedar saran bagi yang masih coba-coba untuk merokok silakan untuk berhenti, jangan mengikuti jejak yang buruk. lebih baik menabung untuk masa depan dari pada menabung untuk penyakit. 
Labels: Cerita dan Motivasi

Thanks for reading Merokok Membuat Kita Miskin. Please share...!

Back To Top