Pentingnya Infrastruktur Perbatasan

Infrastruktur di Perbatasan Sangat Dibutuhkan dalam Menunjang Perekonomian dan Pertahanan Keamanan

Sesuai misi kebinamargaan, yakni meningkatkan pembangunan di bidang jalan dan jembatan dalam rangka meningkatkan aksesibilitas untuk mendukung pengembangan wilayah dan kelancaran distribusi barang dan jasa, serta penanggulangan bencana alam.


Aksesibilitas adalah kemudahan untuk mencapai tujuan, menyangkut kenyamanan, keamanan dan memperpendek waktu tempuh (travel time). Sedangkan pengembangan wilayah,mengandung makna upaya membangkitkan potensi pada wilayah tertentu yang menjadi kawasan tumbuh, baik untuk pemukiman, perkebunan/pertanian, industri yang menjadi rencana kawasan pengembangan lainnya.

Kelancaran distribusi, prasarana jalan yang dapat memberikan peran sebanyak-banyak dalam pelayanan jasa angkutan manusia, barang dan jasa yang dipastikan dapat menunjang perekonomian.

Penanganan bidang jalan dan jembatan, sesuai UU Nomor 38 Tahun 2003 tentang Jalan dibagi berdasar tanggung jawab. Kewenangan penanganan, yaitu jalan nasional/negara ditangani oleh Kementerian PU di bawah Direktorat Jenderal Bina Marga melalui Balai Jalan Nasional. Jalan provinsi pada pemerintah provinsi dan jalan kabupaten/kota ditangani oleh pemerintah kabupaten/kota.

Untuk kondisi tertentu, dapat saja dilakukan penanganan bersama, demi kepentingan pelayanan terhadap masyarakat. Di mana pengaturan dan MoU-nya disesuaikan dengan aturan yang berlaku.

Kita menyadari bersama, bahwa kondisi infrastruktur jalan dan jembatan di Kalimantan Barat masih sangat jauh dari kebutuhan. Ditinjau dari pelayanan ideal, hal ini disebabkan wilayah Kalimantan Barat sangat luas dengan jumlah penduduk yang menyebar di pedalaman dan tidak merata. Sedangkan panjang ruas jalan nasional 1.554,50 kilometer berada di jalan provinsi sepanjang 1.664 kilometer. Kondisi beberapa ruas jalan tersebut, penanganannya sudah melewati umur rencana. Namun sepanjang tahun hanya dapat dilaksanakan dengan tambal sulam(penanganan rutin), itu pun dananya sangat kecil.
Back To Top