Belajar SEO Untuk Pemula

Ada banyak cara untuk menerapkan teknik SEO, seperti pra SEO, SEO off page, SEO on page, Backlink, dan teknik pasca SEO

Belajar SEO Untuk Pemula

Apa itu SEO?

Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik agar sebuah situs menempati posisi dan halaman pertama mesin pencari (search Engne), khusunya google. 

Mengapa Belajar SEO?
Seo adalah serangkaian proses sistematis untuk meningkatkan volume atau kualitas kunjungan melalui mesin pencari menuju situs tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.

Secara sederhana, tujuan SEO adalah menempatkan situs pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci. Jika blog atau website berada dihalaman pertama pasti berpeluang besar untuk dikunjungi.

Berikut pentingnya bagi pemilik blog, web, atau toko online untuk belajar SEO :
  1. Mengetahui tip dan trik agar situs berada pada posisi teratas atau halaman pertama hasil pencarian, khusunya google
  2. Dengan situs berada pada posisi teratas atauhalaman pertama maka situs anda berpeluang untuk dikunjungi orang.

Hal Penting dalam SEO

Berikut ini beberapa hal penting dalam melakukan optimalisasi SEO :
  1. Evaluasi trend statistik pencarian kata kunci setiap 3 bulan sekali, hal ini untuk menghindari trend kata kunci yang sedang turun dan mengevaluasi kata kunci lain yang lebih berpotensi.
  2. Selalu cek posisi situs pada mesin pencari, terutama google, yahoo, dan bing, agar data hasil pencarian lebih valid, terlebih dahuu hapus cache dan cookies pada setiap browser internet.
  3. Selalu sebarkan link situs anda ke situs lain, hal ini untuk meningkatkan dan mempertahankan posisi situs pada mesin pencari. Links situs bisa dikirim atau dipasang pada social bookmark, online directory, dan beli backlink.

Harus dihindari dalam SEO

dalam optimalisasi SEO terhadap sebuah situs, perhatikan aturanmainnya agar tidak terjebak dalam langkah yang dilarang (black hat SEO).

Black hat SEO sangat berisiko, apalagi jika anda pemula. Jika mesin pencari mengetahui anda menggunakan teknik black hat SEO maka besar kemungkinan situs anda hilang dan dikeluarkan dalam daftar pencarian.

Berikut ini teknik yang termasuk black hat SEO :
  1. Spamming Keyword, dilarang untuk menempatkan kata kunci kunci secara berulang-ulang.
  2. Invisible keyword, tehnik ini melakukan penyamaran warna kata kunci dengan warna background situs karena mesin pencari tidak melihat image dari sebuah situs, melainkan membaca kode HTML.
  3. Link farm, adalah halaman yang berisi banyak link keyword dengan mengarahkan ke halaman situs lain. biasanya, halaman link farm lebih banyak berisi link keyword dari pada artikelnya.
  4. Doamin Cloaking, adalah teknik menyembunyikan alamat situs (domain) asli pada tampilan browser. Biasanya teknik ini digunakan untuk menjadikan domain anda terlihat profesional. Melakukan ini dianggap melakukan duplikasi konten.
  5. Page hijacking, adalah teknik penyalinan halaman sebuah situs ke situs lain atau copy-paste isi sebuah situs. Teknik ini jelas melangar etika dan hak cipta. 

Evaluasi SEO dengan SEO tools

Ada banyak SEO tools yang bisa digunakan untuk mengevaluasi penerapan SEO pada blog anda. Salah satunya adalah Backlink Checker yang berfungsi untuk memeriksa jumlah backlink pada situs anda.

Berikut ini beberpa tools yang dapat digunakan untuk mengevaluasi SEO blog atau web anda :
  1. Google tools, untuk mengevaluasi statistik situs, gunakan tools dari google yaitu google analytics. Dengan tools ini anda bisa melihat jumlah dan wilayah pengunjung, jumlah klik halaman, hingga sumber pengunjung.
  2. Browser add-ons, pada browser mozilla firefox ada fasilitas bernama add-ons yaitu fitur tambahan yang dapat ditambahkan kedalam browser itu sendiri. add-ons yang digunakan untuk evaluasi SEO adalah SEO Quake. SEO Quake berfungsi menampilkan informasi data SEO dari sebuah situs, seperti peringkat situs,umur domain, dan google index.
  3. Akses pada www.histats.com

Maintenance SEO dengan artikel

  1. Agar situs lebih disukai mesin pencari, rajinlah membuat artikel, namun hindari copy-paste artikel dari situs lain. Dalam penyusunan artikel sisipkan kata kunci dan beri backlink ke situs anda.
  2. Sisihkan waktu setiap hari untuk mengirimkan link situs anda ke situs lain, atau meminta bantuan kepada pihak ketiga penyedia jasa backlink atau SEO untuk meelakukannya.



Labels: Informasi Umum

Thanks for reading Belajar SEO Untuk Pemula. Please share...!

Back To Top