Cara Memabangun Kepercayaan Diri

Gerakan percaya diri menghasilkan pikiran yang percaya diri, jadi untuk berpikir secara meyakinkan, bertindaklah penuh percaya diri.


Berikut beberapa latihan cara membangun kepercayaan diri :

1.   Duduk di barisan depan

Apakah anda pernah memperhatikan di berbagai pertemuan, gereja, kelas dan tempat-tempat lain, bagaimana tempat duduk di barisan belakang lebih dulu terisi. Pada umumnya orang berebut duduk di barisan belakang sehingga tidak terlihat terlalu menonjol. Alasan mereka takut menonjol adalah mereka tidak mempunyai kepercayaan diri.

Duduk di barisan depan membangun rasa percaya diri. Latihlah ini, dari sekarang jadikanlah kebiasaan dan kewajiban untuk duduk sedekat mungkin dengan baris depan. Tentu anda akan merasa sedikit lebih menonjol duduk di depan tapi ingat, tidak ada yang perlu ditakutkan untuk menonjol jika ingin sukses.


2.   Melatih kontak mata

Bagaimana seseorang menggunakan matanya, bercerita banyak tentang dirinya. Secara instingtif, anda bertanya-tanya mengenai orang yang tidak menatap anda langsung dimata. Apa yang berusaha dia sembunyikan. Apa yang dia takutkan. Apakah dia berusaha memberikan tipuan pada anda. Apakah ia berusaha menyembunyikan sesuatu.

Biasanya, kegagalan untuk melakukan kontak mata bercerita salah satu dari dua hal berikut ini. Mungkin Anda merasa lemah di samping yang lain. Anda merasa lebih lemah dari yang lain. Anda takut akan orang lain. Atau menghindari mata orang lain. Berarti anda merasa bersalah. Anda telah melakukan kesalahan.

Anda tidak mengatakan sesuatu yang baik tentang diri anda jika menghindari kontak mata. Anda berkata saya takut. Saya tidak mempunyai kepercayaan diri. Menatap mata lawan bicara memberitahu bahwa anda jujur dan percaya diri. Anda harus yakin dengan apa yang anda katakan kepada orang lain. Buatlah mata anda bekerja buat anda, arahkan pandangan tepat pada mata orang lain. Ini tidak hanya memberi rasa percaya diri, tetapi juga memperoleh kepercayaan orang lain kepada anda.


3.    Berjalan 25 persen lebih cepat

Manusia rata-rata menggunakan cara jalan ''rata-rata lagkah mereka ''rata-rata'' Berjalan lebih cepat dibandingkan dengan rata-rata orang lain berjalan dan sedikit berlari menunjukan kepada dunia bahwa anda memiliki tempat penting yang harus di tuju. sesuatu yang penting yang harus dilakukan. Lebih dari itu Anda akan berhasil dengan apa yang telah anda lakukan 15 menit dari sekarang.

4.    Berlatih bicara cepat

Untuk latihan khusus dan pengalaman berbicara, pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok-kelompok. Banyak orang menonjol yang mengembangkan kepercayaan diri melalui sebuah program terencana untuk merasa tenang berbicara dengan dan kepada orang lain.

Semakin anda banyak bicara semakin banyak anda menambahkan rasa percaya diri, dan semakin mudah berbicara di lain waktu. Jadi bicaralah, karena ini merupakan vitamin yang membangun kepercayaan diri.

5.   Tersenyum lebar

Kita sering mendengar bahwa senyum memberi perasaan melambung yang sesungguhnya. Senyuman adalah obat mujarab untuk kekurangan vitamin kepercayaan diri. Tetapi masih banyak orang yang belum percaya sepenuhnya akan hal ini karena mereka tidak pernah mencoba ketika merasa takut.

Lakukan ujian kecil ini, coba rasakan menjadi orang yang kalah dan tersenyum lebar disaat yang sama. Pasti tidak dapat Anda lakukan. Senyum lebar memebri anda rasa percaya diri, senyum lebar mengalahkan rasa takut, mengusir kecemasan, dan menaklukan keputusasaan.



Konten ini tidak dimaksudkan untuk membentuk atau saran profesional dalam bentuk apa pun. Anda harus selalu berkonsultasi dengan profesional yang memiliki kualifikasi yang sesuai mengenai masalah atau masalah tertentu
Back To Top